Vaksinasi dosis 1 untuk anak usia 6-11 tahun

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Senin 24/1/2022, telah dilaksanakan Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun bertempat di area Kantin SD/SMP YPS, untuk peserta didik  SD YPS Singkole, dilanjutkan pada hari Selasa 25/1/2022, bagi peserta didik  SD YPS Lawewu. Bukan hanya siswa SD, namun vaksinasi ini juga diikuti oleh siswa TK B dari TK YPS Lawewu dan TK Sorowako yang telah berusia 6 tahun.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pendataan oleh sekolah dan sosialisasi mengenai vaksinasi anak kepada orangtua siswa secara daring yang dipaparkan oleh dr. Irfan dari RSUD I Lagaligo Wotu yang juga Ketua IDI Luwu Timur, bersama dr. Daniel, Sp.A, M.Kes. dengan moderator dr. Wana dari RS PT Inco. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kapolsek Nuha, beserta manajemen, guru dan pegawai sekolah. Dari data terakhir, dari 561 siswa di SD YPS Singkole, 420 siswa telah mendapatkan vaksin dan 14 siswa diantaranya telah mendapatkan vaksin kedua. 

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WITA tersebut, setelah duduk mengantri, secara bertahap siswa dipersilahkan masuk ke ruangan Kantin yang sirkulasi jendelanya semi terbuka. Dengan didampingi orangtua, siswa diukur tensi dan suhu tubuhnya lalu bertemu dokter dari RS PT Inco dan Dokter Polisi Polres Luwu Timur yang akan melakukan skrining sebagai syarat untuk diregistrasi dan divaksinasi. Peserta yang sudah lolos skrining kemudian diberi vaksin Sinovac Dosis 1 oleh Tim Vaksinator dari RS PT Inco. 

Cocok sekali, saat sekolah meluncurkan tagline “Aku Berani Divaksin”. Secara umum, meskipun ada yang tampak tegang, kebanyakan cukup tenang dan mengikuti proses dengan tertib. Kehadiran Bunda dan Ayah yang mendampingi siswa sangat memberikan dukungan psikologis bagi siswa.

Sambil diobservasi selama 15-30 menit, selanjutnya dilakukan pendataan PCare dan pengambilan kartu post vaksin. Pos ini ditangani oleh Anggota Polres Luwu Timur yang didatangkan dari Malili. Para anggota kepolisian ini berkomunikasi langsung dengan ramah kepada anak-anak dan orangtua. Panitia guru dan pegawai turut mendampingi dan mengarahkan peserta vaksinasi serta orangtua di setiap titik tersebut.

Total sekitar lebih dari 20 orang tim dari Polres Luwu Timur dan RS PT Inco dalam koordinasi Dinas Kesehatan setempat, berkolaborasi apik dengan lebih dari 30 orang tim guru dan pegawai SD YPS Singkole melayani vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk melindungi diri dan keluarga dari Covid-19.