TOT Literacy Bacapibo

Pada Selasa, 1 Maret 2022, pukul 13.30 – 15.00 WITA, diadakan kegiatan Training of Teachers (TOT) yang dipresentasikan oleh Tim Bacapibo.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan kemampuan literasi warga di SD YPS Singkole, melalui penggunaan buku-buku bacaan.

Mengacu pada program pemerintah dalam  menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, maka guru-guru pun dituntut untuk berinovasi mengembangkan pengajaran dalam kelasnya, salah satunya dengan cara mengeksplorasi buku-buku bacaan untuk dijadikan bahan literasi pada proses belajar mengajar di kelas.

Pada kesempatan TOT ini dipresentasikan oleh Bu Aishah Chabir selaku penanggung jawab Bacapibo.com. Sebuah perpustakaan digital yang selama setahun ini menjadi mitra dalam pengembangan literasi di SD YPS Singkole.

Bu Aishah Chabir beserta tim Pibo memberikan beberapa tips dan metode penggunaan buku bacaan yang bisa  guru-guru lakukan dan gunakan pada proses belajar di kelas.

Tidak harus terpaku pada buku teks wajib dari sekolah, tetapi guru-guru bisa menggunakan beragam aneka buku bacaan lain yang bisa dihubungkan dan sesuaikan dengan tema pelajaran yang akan dilakukan di kelas. Pembelajaran dapat dilakukan secara online ataupun secara offline.

Beberapa  hal yang dipaparkan pada kegiatan ini yaitu :

Setelah pemaparan materi dilanjutkan diskusi perkelompok oleh guru-guru sesuai tingkatan kelas dari kelas 1, 2, 3, 4 dan 5. Pada diskusi ini guru – guru membangambil satu contoh buku yang dieksplore dan dikembangkan dalam proses belajar di kelas sesuai tema yang ada.

Tak terasa, kegiatan seru ini berlangsung dengan baik dan interaktif. Guru-guru dan Tim Bacapibo antusias dan semangat dalam kegiatan ini.

Harapannya pengetahuan yang sudah didapatkan dari kegiatan TOT ini dapat diterapkan pada proses kegiatan belajar mengajar  di kelas.

Ayo bapak dan ibu guru, semangat mengembangkan dan meningkatkan mutu, kualitas  pengajarann , khususnya melalui literasi aneka buku bacaan, demi mencerdaskan anak didik kita.

Salam literasi.