Teacher Development Program (TDP) #4

Teacher Development Program (TDP) #4

Membuat Campaign Twibbon Menggunakan Aplikasi Canva dan Background Eraser Melalui Handphone


Ada yang seru di penghujung akhir pekan lalu. Teacher Development Program ke-4 kali ini, Tim Guru dan Pegawai SD YPS Singkole belajar bersama Membuat Campaign Twibbon Menggunakan Handphone secara hybrid (18/3/2022). Pada kesempatan ini Ibu Hafsari yang berbagi ilmu dan pengalamannya.


Sebelum mulai mencoba, peserta mengunduh aplikasi Canva dan Background Eraser terlebih dahulu. Tipsnya, pilih template yang menarik sesuai tema, lalu pilih elemen, jenis tulisan, warna yang menarik dan atur tata letaknya. Jangan lupa judul dan caption harus dibuat menarik. Biasanya kita melengkapi alamat media sosial untuk publikasi lebih lanjut.


Teacher Development Program (TDP) menjadi wadah yang menyenangkan untuk berbagi dan belajar, juga mengeratkan dan menambah kekompakan tim. Pada TDP#1 sebelumnya, Miss Tity Noya- Nanulaitta telah berbagi keahlian dalam penggunaan “Whiteboard Digital”. Pada TDP#2, Bu Mirna Haerani berbagi oleh-oleh hasil belajar dalam webinar bersama Dr. Yeap Ban Har yang berjudul “Teaching Mathematics Effectively in the 21st Century” dengan panelis ahli Pak Said dan dikuatkan oleh guru-guru Matematika lainnya. Di TDP#3 Pak Ayub berbagi mengenai “Corat-coret screen di Google Chrome dengan Extension Annotate dan Maksimalkan presentasi google slides dengan fitur Share Tab di Google Meet”. Dan TDP#4 kali ini mengeksplorasi desain Canva yang menarik.


Selain sharing internal, pengembangan guru di SD YPS Singkole juga mengundang narasumber luar, seperti Ibu Apriyana Achmad SD YPS Lawewu yang berbagi tentang Math City Map (4&11 Feb 2022), TOT Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca dalam Merdeka Belajar bersama PIBO (1 Maret 2022), dan tentunya mengikuti rangkaian webinar dari School Development Program Sekum YPS dalam rangka membedah Kurikulum Merdeka bersama Dr. Yogi Anggraena (7 Maret 2022) dan Pak Bukik Setiawan (14 Maret 2022).


Berikut ini beberapa hasil desain twibbon campaign dalam kegiatan TDP#4 karya bapak ibu guru yang bermain dengan warna dan komposisi. Inilah salah satu wujud merdeka belajar dengan terus semangat belajar, berbagi, dan mengeksplorasi.