Sosialisasi Akun Belajar Siswa
"Google Workspace for Education"

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia tak terkecuali kita yang berada di belahan selatan Pulau Sulawesi dan berada di pelosok daerah bernama Sorowako, membuat banyak perubahan cara hidup manusia tak terkecuali di bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi sesuatu yang sulit dilakukan karena adanya aturan pembatasan jaga jarak. Oleh sebab itu mau tak mau dunia pendidikan harus menggunakan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan akan sekolah online. Banyak cara untuk memperlancar proses pembelajaran online, dan salah satunya adalah Google Workspace for Education. 

Google Workspace for education adalah serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan bagi sekolah untuk berkolaborasi, menyederhanakan instruksi, dan menjaga pembelajaran tetap aman. Alat dan layanan tersebut meliputi aplikasi pesan dan kolaborasi, seperti Gmail, Google Drive, Google Kalender, Classroom, dan sebagainya.


Pada hari Rabu, 7 Juli 2021 pukul 13.30 WITA, dilaksanakan Rapat Sosialisasi Akun Belajar Siswa  "Google Workspace for Education" dengan domain YPS,  kepada seluruh orang tua siswa kelas 1 - 6. Pada sosialisasi ini, Manajemen SD YPS Singkole dalam hal ini Kepala Sekolah Pak Nova Tandilolo, Wakasek Kurikulum Pak Abi Talib, Wakasek Kesiswaan Ibu Natalia Tandi Ayu bersama tim GCE SDS menjelaskan mengenai berbagai manfaat yang akan diperoleh untuk kelancaran proses belajar mengajar dengan menggunakan akun siswa Google Workspace dibandingkan dengan menggunakan akun Gmail pribadi siswa.


Latar belakang mengapa SD YPS Singkole bermigrasi ke akun Google Workspace for Education adalah karena dalam pembelajaran pada tahun pelajaran sebelumnya terdapat beberapa kendala saat menggunakan Gmail pribadi, terkadang siswa tidak bisa berkolaborasi menggunakan fasilitas-fasilitas google, seperti google jamboard, google doc, dll karena adanya batasan-batasan tertentu.


Oleh karenanya Sekum YPS, khususnya SD YPS Singkole memandang perlu untuk memfasilitasi siswa dengan akun belajar yang sesuai dan mudah untuk digunakan, sehingga proses belajar mengajar bisa menjadi lebih efektif.


Dalam sosialisasi ini juga terjadi interaksi dan diskusi antara orang tua dan pihak sekolah yang menanyakan lebih dalam mengenai bagaimana menggunakan  akun ini dalam pembelajaran.  Orang tua juga mengharapkan adanya tutorial yang bisa mereka jadikan panduan dalam penggunaan akun ini.


Selain itu, dalam sosialisasi juga dijelaskan mengenai aturan penggunaannya agar akun ini benar-benar hanya digunakan untuk kelancaran proses pembelajaran. Harapannya agar kedepannya proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan tidak ada lagi kendala, sebab SD YPS Singkole berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi para siswa-siswinya.