SISWA BERPRESTASI TP 2021-2022

Tahun Pelajaran 2021-2022  SD YPS Singkole telah melaksanakan kegiatan seleksi Siswa Berprestasi secara online sejak tanggal 16 Maret-15 April 2022. Proses seleksi ini memberikan kesempatan bagi semua siswa-siswi kelas 6 SD YPS Singkole untuk berpartisipasi dalam kompetisi. Kegiatan pemilihan siswa berprestasi di kelas 6 merupakan kegiatan seleksi rutin bagian kegiatan kesiswaan di SD YPS Singkole yang biasa disebut dengan kegiatan SISPRES (Siswa Berprestasi). Hasil seleksi kegiatan tersebut di umumkan pada kegiatan penamatan yang terdiri dari 1 siswa terbaik putri dan 1 siswa terbaik putra yang dinyatakan sebagai siswa berprestasi.

Proses seleksi Siswa Berprestasi memiliki 3 tahapan seleksi. Seleksi tahap 1 meliputi seleksi nilai rapor kelas 4-6 dan sertifikat prestasi dibidang akademis maupun non akademis. Seleksi tahap 2 meliputi seleksi nilai sikap siswa selama bersekolah di SD YPS Singkole. Dan tahapan terakhir yaitu tahap 3 meliputi tes wawasan umum dan wawancara kepemimpinan/leadership. Acuan para penilai  pada seleksi siswa berprestasi mengacu pada presentasi penilaian sebagai berikut; Nilai rapor 20%, nilai sertifikat lomba 25%, nilai sikap 35%, wawasan umum 10%,  dan wawancara leadership 10%.

Setelah melalui seleksi tahap 2 ke tahap 3  kegiatan Siswa Berprestasi Tahun Pelajaran 2021-2022, diperoleh 5 peserta putri dan 3 peserta putra yang berhasil mencapai tahap ke tiga untuk presentasi wawasan umum dan wawancara leadership. Pada tahapan presentasi wawasan umum, ada 5 tema presentase umum yang akan dipilihkan secara acak untuk peserta Siswa Berprestasi Tahun Pelajaran 2021-2022..

Tema presentase umum  tersebut meliputi;

1) Bagaimana Saya Mengaplikasikan Nilai Dasar Sekum YPS dalam Kehidupan Sehari-hari

2) Bagaimana Menjadi Agent of Change Mengurangi Sampah di Lingkunganku

3) Yang Akan Kulakukan dalam Bermedia Sosial yang Sehat, Santun, dan Bermanfaat

4) Agar Aku Menjadi Pelajar yang Aktif, Mandiri, dan Berprestasi di SMP, SMA, Hingga Perguruan Tinggi Nanti

5) Caraku Menjaga Diri dan Semangat Belajar saat Pandemi dan Masa Adaptasi Baru

Akhir tahap 3 seleksi Siswa Berprestasi ialah wawancara leadership dengan tema “Tokoh Pemimpin Inspirasiku untuk Berprestasi”. Wawancara leadership ini berlangsung secara virtual melalui google meet. Panitia mengatur jadwal untuk virtual ke tiap peserta. Di awal wawancara, terlebih dahulu peserta menjelaskan siapa tokoh pemimpin yang menjadi inspirasinya, kemudian diwawancarai oleh pihak manajemen SD YPS Singkole. Proses wawancara ini berlangsung pada tanggal 12 April 2022.

Setelah semua tahapan selesai dan skor perolehan akhir telah dihasilkan dari semua tahapan seleksi, diperoleh 1 siswi terbaik putri dan 1 siswa terbaik putra. Maka diputuskan yang menjadi Siswa Berprestasi SD YPS Singkole Tahun Pelajaran 2021-2022 ialah Pragyta Emely Randan sebagai Siswa Berprestasi Putri dan Fariz Apriliano Al Daffa sebagai Siswa Berprestasi Putra.  Hasil putusan ini telah diumumkan pada kegiatan Penamatan Siswa(i) SD YPS Singkole-SD YPS Lawewu pada tanggal 14 Juni 2022.