PROGRAM PELATIHAN MATH CITY MAP

Setelah mengikuti Bimtek Math city Map yang diadakan oleh Direktorat Guru dan tenaga Kependidikan Dasar Kementerian Pendidikan,Kebudayaan,Riset dan Teknologi Republik Indonesia bulan Desember lalu di Bogor, pada hari jumat, 4 dan 11 Februari 2022, Bu Apriyani membagikan ilmu yang didapatkan dalam pelatihan tersebut kepada guru-guru SD YPS singkole.

Bimtek Math City Map adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan  Keterampilan Numerasi Guru yang pada akhirnya akan disalurkan kepada siswa. Namun disadari, untuk mempersiapkan itu semua diperlukan terobosan untuk menghadirkan guru yang berkualitas. Karena guru merupakan ujung tombak pendidikan yang berperan dalam mewujudkan peserta didik yang pembelajar aktif, kontekstual, kolaboratif, komunikatif, dan kreatif.

Matematika selama ini  diyakini oleh sebagian peserta didik sebagai mata pelajaran yang sulit dan menyeramkan. Tidak mengherankan apabila skor Program Penilaian Pelajar Internasional atau Programme for International Student Assessment  (PISA) Indonesia selalu berada di posisi paling bawah di antara negara-negara lain.

Math City Map  merupakan aplikasi yang tersedia dalam bentuk Android dan iOS yang berbasis pada GPS. Aplikasi ini dikembangkan di Jerman, namun salah satu pengembang utamanya adalah putra Indonesia, Dr.rer.nat Adi Nur Cahyono, dari Universitas Negeri Semarang. Aplikasi MCM dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui proses eksplorasi objek-objek yang menarik di sekitar sekolah, taman, dan di mana saja di semua sudut kota. Saat ini pemanfaatan Math City Map di Indonesia tumbuh semakin luas.

Melalui Math City Map, guru dapat menghubungkan matematika dengan objek nyata di lingkungan sekitar seperti taman kota, halaman sekolah, atau tempat lainnya  dengan cara meletakkan koordinat GPS tempat-tempat tersebut ke dalam peta digital menjadi sebuah rute. Math Trail inilah yang dijadikan permasalahan matematika yang akan dipecahkan oleh peserta didik. Selain itu, aplikasi MCM juga dapat mendukung kompetensi numerasi yaitu dengan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan bernalar matematis pada persoalan kontekstual di sekitar. 

Diharapkan dengan penerapan aplikasi Math city Map ini dapat meningkatkan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan numerasi siswa.