Prestasi di tengah pandemi

Masa pandemi Covid-19 saat ini tidak menghentikan siswa SD YPS Singkole (SDS) untuk mengukir prestasi gemilang di kancah kompetisi tingkat provinsi dan nasional.


Pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dari tanggal 12-17 Oktober 2020 secara daring/online, SDS Singkole berhasil meloloskan dua siswa bidang Matematika sampai pada tingkat provinsi atas nama Muhammad Joureal Kaori dan Chasia Fidela Christy. Pencapaian tertinggi datang dari bidang IPA, medali perak di tingkat nasional berhasil diraih oleh Farrel Altair Machmoed.


Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi siswa jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan pada tahun 2020 berganti nama ketika Mendikbud Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia


Prestasi lainnya juga ditorehkan dalam pelajaran Agama Islam. Ananda Alfiah Nur Maulida Yusman dan ananda Izzah Aisyah berhasil meraih juara 3 dan juara harapan 3 dalam lomba Tahfidz Qur’an Series RLI# 1 yang diadakan oleh RLI (Rumah Lomba Indonesia) dan JML Organizer secara daring. Lomba tersebut berlangsung mulai dari 20 Desember 2020 – 10 Januari 2021 dan diumumkan tanggal 20 Januari 2021.  SDS sendiri mengirmkan 10 siswa yang telah terseleksi untuk dua kategori, yaitu kategori SD 1 (Kelas 1-3) dan kategori SD 2 (Kelas 4-6). Dua siswa yang menjadi juara berasal dari kategori SD 1.


Tentunya prestasi yang diraih ini tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak utamanya PT. Vale Indonesia, Yayasan Pendidikan Sorowako dan Dinas Pendidikan Luwu Timur, pendampingan oleh orang tua, bimbingan dari seluruh guru dan staf SD YPS Singkole terkhusus para pembina bidang Matematika, IPA, dan Agama Islam, dan tentu saja kemauan dan kerja keras dari siswa peserta. Diharapkan, pencapaian ini akan lebih memacu lagi siswa untuk terus meningkatkan prestasi di masa yang akan datang.

SDS MENGUKIR PRESTASI LITERASI NASIONAL

SD YPS Singkole mendapat prestasi pada kegiatan literasi tingkat Nasional dengan terpilihnya Ibu Nirmala A. Widarto sebagai peserta terbaik dan Ibu Syamsinar  termasuk 6 finalis terbaik dalam kegiatan "Aksi Seru dari Buku Cerita" yang diselenggarakan oleh program kolaborasi antara Elmuloka, Kinarya Gagas, dan BacaPiBo.  Kegiatan ini cukup lama berlangsung, sejak dari bulan Maret dan berakhir pada akhir 30 April kemarin. Pengumuman pemenang pada hari ini 8 Mei 2021.