PERSARI DAN PERKAJU SD YPS SINGKOLE TP. 2022/2023

Kamis 15 Desember – 16 Desember 2022, Pramuka SD YPS Singkole bergembira bersama dalam kegiatan PERSARI (Perkemahan Sehari) untuk Pramuka Calon Siaga Kelas 1-2 dan Pramuka Siaga kelas 3-4. Sedangkan untuk Pramuka Penggalang kelas 5-6, melaksanakan PERKAJU (Perkemahan Kamis dan Jum’at). Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan kegiatan PERSARI DAN PERKAJU yang diikuti oleh seluruh siswa mulai dari Pramuka Calon Siaga hingga siswa Pramuka Penggalang. Susunan upacara pembukaan tersebut diisi dengan  Pembacaan UUD 1945, Pancasila, Dasadarma, Dwi Darma, Pembacaan Doa dan Amanat Pembina Upacara.

PERSARI (Perkemahan Sehari) Hari Kamis Tanggal 16 Desember 2022

Kegiatan PERSARI (Perkemahan Sehari) untuk Pramuka Calon Siaga Kelas 1-2 diisi dengan kegiatan permainan lomba memindahkan hulahop dilanjutkan dengan kegiatan lomba mengisi air ke dalam ember secara estafet. Kegiatan PERSARI (Perkemahan Sehari) Pramuka Siaga kelas 3-4 diisi dengan kegiatan lomba baris berbaris dan mengisi air kedalam ember secara estafet. Semua senang dan gembira, apalagi komite sekolah yang tergabung dalam PTFA (Parents Teachers and Friends) memberikan bingkisan hadiah kepada para pemenang. Namun, rasanya, semua sudah menjadi JUARA ! Karena telah berusaha dan melakukan yang terbaik.  

PERKAJU (Perkemahan Kamis dan Jum’at)  Tanggal 15-16 Desember 2022

Kegiatan perkemahan ini ditujukan untuk siswa Pramuka Penggalang kelas 5-6. Mereka sangat antusias dan gembira menyambut perkemahan ini. Sehari sebelum kegiatan perkemahan dimulai, semua regu pada Pramuka Penggalang mendirikan tenda kemah dibantu dengan orang tua yang turut meramaikan kegiatan pendirian tenda kemah.

Kamis, 15 Desember 2022, penyambutan peserta dilokasi perkemahan dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan di Lapangan Upacara SD YPS Singkole. Setelah upacara, pramuka pengalang setiap regu diarahkan untuk menata tenda dan menata barang-barang mereka sambil mempersiapkan lomba parade Semaphore. Banyak regu yang menampilkan kreasi parade Semaphore dengan musik dan tari sehingga kibasan bendera semaphore pun jadi mempesona. Sebelum waktu Ibadah dan makan siang, setiap regu Pramuka Penggalang mengutus 3 peserta perwakilan mereka baik regu putra dan regu putri untuk mengikuti lomba membuat nasi goreng dan menyajikannya dengan menarik. Disiang hari, beberapa utusan regu mengikuti lomba membuat tandu. Semuanya membutuhkan latihan dan konsentrasi penuh. Disore hari, masih ada game bergembira yaitu game mengoper karet gelang menggunakan pipet dan game mengisi air dipipa yang bocor. Tanpa komando, semua regu bekerjasama menutup semua celah dalam pipa, hingga bisa terisi air penuh yang akan menjatuhkan bola. Walhasil, semua peserta pramuka penggalang  basah kuyup dan melanjutkan acara siram menyiram.

Setelah ibadah dan makan malam, kami melaksanakan upacara api unggun dengan hikmat. Setelah upacara api unggun dilanjutkan penampilan atraksi dari setiap regu pramuka penggalang dan pengumuman juara lomba serta pemberian hadiah sebagai penutupan kegiatan malam api unggun.


Jum’at, 16 Desember 2022, hari kedua perkemahan dimulai dengan membangunkan semua siswa penggalang jam 04.30 untuk bersiap-siap dan siswa yang beragama Islam melaksanakan shalat subuh berjama’ah terlebih dahulu. Setelah semua sudah bersiap-siap, semua siswa diarahkan untuk sarapan bersama-sama dan melakukan pemanasan pagi. Sebelum berangkat hiking, Bapak Kepala Sekolah memberikan Safety Talk kepada seluruh warga perkemahan.

Kegiatan hiking sungguh luar biasa. Ada beberapa pos yang perlu dilalui pada jalur hiking pramuka penggalang kali ini. Semua regu berjalan ke arah Tanjung, Sorowako Lama untuk mengawali hiking. Semua regu melapor dan memecahkan sandi kotak . Tentulah kerjasama tim sangat menentukan kecepatan misi terselesaikan hingga pos terakhir.

Setelah menuntaskan berbagai kegiatan, saat upacara penutupan semua peserta menerima 4 lambang TKK (Tanda Kecakapan Khusus) pramuka. Penerimaan TTK ini sebagai penghargaan bagi semua Pramuka Penggalang yang telah mengikuti dan melaksanakan kegiatan PERKAJU selama 2 hari.