PERESMIAN PANGGUNG TOMPE’ASA  SD YPS SINGKOLE

Di penghujung bulan Juli tepatnya tanggal 30 Juli 2021 telah dilakukan peresmian panggung seni di SD Singkole. acara peresmian dilakukan dengan sangat sederhana  karena masih di tengah pandemi covid 19. prosesi peresmian dilakukan oleh direktur Sekum YPS ibu Sulhaeni dan disaksikan oleh Plt Kepala Sekolah SD Singkole Nova Tandilolo, Kepala SD YPS Lawewu Alexander L. Kolatlena dan juga oleh Ketua PTFA SD YPS Singkole Ibu Fitriani Sahardin.


Proses pembangunan panggung ini berlangsung sejak awal April tahun 2020. dana pembangunan seluruhnya menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dikarenakan tengah masa pandemic sehingga banyak kegiatan sekolah yang tidak dapat dilaksanakan. dana yang ada kemudian dialihkan untuk pembangunan sarana pendukung pembelajaran.  Dengan harapan bahwa ketika masa pandemi berakhir, kegiatan kesiswaan dan pengembangan bakat siswa kemudian dapat ditelurkan dan dipentaskan di panggung ini.


Nama Tompe’asa sendiri diambil dari bahasa asli Sorowako yang artinya kebersamaan yang bila diterjemahkan memiliki makna yang luas dimana mencakup nilai” luhur seperti saling menghormati di tengah ragam perbedaan. semoga nantinya seluruh siswa lulusan SD YPS Singkole tidak melupakan budaya dan kearifan lokal.


Berdirinya panggung ini juga menandakan bahwa biarpun di tengah pandemi, Sekolah sebagai ruang pembelajar tidak berdiam diri dan larut dengan situasi. SD YPS Singkole terus berbenah diri dan bersiap untuk menyambut siswa-siswa dengan tampilan yang lebih baru, segar, bersih, dan indah. Program 5S pertama kali diperkenalkan di Jepang sebagai suatu gerakan kebulatan tekad untuk mengadakan pemilahan (seiri), penataan (seiton), pembersihan (seiso), penjagaan kondisi yang mantap (seiketsu), dan penyadaran diri akan kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik (shitsuke) yang kemudian diterapkan di PT Vale Indonesia Tbk juga menjadi standar kerja di lingkungan Sekum YPS.