Penilaian Akhir Tahun T.A. 2021-2022

Jujur dan Semangat Melaksanakan Penilaian Akhir Tahun T.A. 2021-2022


Penilaian hasil belajar sejatinya menjadi masukan bagi guru, siswa, dan orangtua dalam mengevaluasi pembelajaran. Bagi guru, penilaian dapat berfungsi untuk mengetahui pencapaian belajar siswa agar dapat memberikan umpan balik yang tepat sesuai dengan keunikannya, merefleksi apa yang perlu terus ditingkatkan, dan strategi apa yang akan diterapkan berikutnya untuk memperoleh hasil yang maksimal. 


Bagi siswa, penilaian menjadi umpan balik untuk mengevaluasi mengenai apa yang telah dipelajari, apa yang sudah dikuasai, dan apa yang masih perlu diperbaiki. Siswa juga bisa merefleksi minatnya, rencana belajarnya selanjutnya, apa yang ingin dipelajari lagi, dan bidang mana yang ingin terus dikembangkan. Tentunya, dalam merefleksikan hasil belajarnya, siswa membutuhkan bimbingan guru dan orangtua yang akan mendamping untuk terus menggali potensinya.


Di penghujung tahun ajaran, Penilaian  Akhir Tahun dilaksanakan untuk mengevaluasi capaian hasil belajar siswa. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Penilaian Akhir Tahun Semester Genap Kelas 1-5 T.P. 2021/2022 telah berlangsung secara online, 6 hingga 10 Juni 2022, untuk seluruh mata pelajaran, yaitu pelajaran Agama; Tematik yang memuat seluruh muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi kelas 4-5; Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan; dan Bahasa Inggris. Untuk PAT Kelas 6 telah dilangsungkan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan sesuai jadwal kelulusan.


Dalam tata tertib pelaksanaan PAT Semester Genap Kelas 1-5  TP 2021-2022, siswa diharapkan dapat didampingi orang tua/ wali serta mempersiapkan diri secara mental, fisik dan sarana penunjang (laptop/ smartphone, jaringan internet) serta posisi yang baik dan nyaman untuk mengikuti PAT. Seluruh soal diakses sesuai jadwalnya pada Google Classroom. Ketelitian dan kecermatan siswa sangat dibutuhkan dalam moda penilaian berbasis Google Form ini, yang telah dilaksanakan sejak awal masa pandemi. 


Setiap penilaian merupakan pengalaman belajar siswa untuk melatih kejujuran dan kemandirian. Siswa tidak diperkenankan bekerja sama ataupun menerima bantuan, namun tetap dalam bimbingan dan pendampingan orangtua saat anak belajar di rumah. Seluruh hasil Penilaian Akhir Tahun ini kemudian diolah menjadi nilai rapor yang dibagikan pada hari Jumat, 17 Juni 2022. 

Selamat atas pencapaian seluruh peserta didik SD YPS Singkole, semoga kian berprestasi dan berkarakter, selalu sehat, dan bahagia.