PENGAJIAN RUTIN EDISI 2 KKM SEKUM YPS

Jum’at, 25 Februari 2022 pukul 13.30-15.00 di Mushollah Ulil Albab Lawewu telah diadakan pengajian rutin edisi ke-2 dengan tema Tarhib Ramadhan berjudul “Upgrade Keimanan, Uninstal Kamalasan dan Raih Ketakwaan” yang dibawakan oleh Ustadz Eko Purnomo. Pengajian ini diikuti oleh seluruh KKM (Kerukunan Keluarga Muslim) yang bekerja di sekolah umum Yayasan Pendidikan Sorowako.

Berdasarkan judul kajian tersebut, Ustadz Eko Purnomo mendakwahkan beberapa hal, untuk memperbaharui keimanan dan ketakwaan perlu adanya sikap instropeksi diri, meminta ampun atas segala kesalahan. kekhilafan (kemalasan) dan dosa yang kita lakukan sebagai hamba ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala. Orang yang baik dalam pandangan Islam bukanlah orang yang sama sekali bebas dari perbuatan dosa. Orang yang bertakwa adalah mereka apabila melakukan keslahan, perbuatan kurang baik dan melanggar ketentuan segera mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala lalu meminta ampun dan bertaubat.

Orang-orang yang beriman juga memiliki kesadaran bahwa semua rezeki yang didapatkan merupakan anugrah dan karunia dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Oleh karena itu, Ustadz Eko Purnomo menyampaikan beberapa kisah yang berkaitan menginfaqkan harta dijalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai bukti rasa syukur kita. Selain itu untuk menjadi muslim yang baik, Ustadz Eko Purnomo memberikan nasehat kepada seluruh jama’ah kajian untuk menjaga kecerdasan emosional agar menggapai ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana hadis Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam;

"Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam  bersabda:

Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah." (HR Bukhari Muslim).”

             Pada akhir sesi kajian, peserta kajian diberikan kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait ceramah yang disampaikan. Beberapa pertanyaan dijawab satu persatu oleh ustadz Eko Purnomo. Setelah sesi tanya jawab selesai, pembawa acara mengajak seluruh jamaah kajian untuk menutup kajian dengan bersama-sama membaca doa kafaratul majelis.