OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2022

OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN 2022)


Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang Olimpiade dalam bidang IPA dan matematika bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. OSN diselenggarakan rutin tiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. OSN SD tahun 2022 merupakan OSN ke-3 yang dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19. Pelaksanaan OSN SD tahun 2022 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional.


Setelah menerima pengumuman pelaksanaan OSN SD tahun 2022, Tim Pembina Matematika dan IPA SD YPS Singkole segera melakukan persiapan untuk ikut serta dalam ajang ini. Seleksi kemudian dilakukan untuk menentukan perwakilan sekolah karena hanya 1 orang peserta yang akan mewakili sekolah untuk masing-masing bidang.


Dari hasil seleksi yang dilakukan, ananda Raisa Sakinah Manahira dari kelas 5JS terpilih menjadi perwakilan pada bidang IPA dan ananda Dmitri Fairuz Pratomo dari kelas 5MM  terpilih menjadi perwakilan pada bidang Matematika.


Para peserta mengikuti pembinaan dan 2 kali try out sebelum mengikuti babak penyisihan. Pembinaan dilakukan secara online via google meet dikarenakan masih dalam kondisi pandemi covid-19. Try out dilaksanakan agar peserta terbiasa dengan aplikasi yang akan digunakan dan dapat menyelesaikan masalah yang mungkin dihadapi saat pelaksanaan babak penyisihan.


Pelaksanaan try out 1 dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2022 pukul 08.00-09.00 WIB untuk bidang matematika dan pukul 11.00-12.00 WIB untuk bidang IPA. Pelaksanaan try out 1 untuk bidang matematika berjalan lancar namun saat mengikuti try out bidang IPA, ditemui kendala dimana peserta tidak bisa mengirimkan jawabannya. Kendala ini tidak hanya dialami oleh ananda Raisa namun juga dialami oleh sebagian besar peserta dari daerah lain. Try out 2 dilaksanakan 3 hari kemudian yaitu pada tanggal 11 Juni 2022 pada waktu yang sama dengan pelaksanaan try out 1. Pelaksanaan try out 2 berlangsung lancar tanpa kendala. Peserta dapat mengirimkan jawabannya setelah mengerjakan soal try out.


Babak Penyisihan dilaksanakan pada masa libur sekolah yaitu tanggal 21 Juni 2022 untuk bidang matematika dan 22 Juni 2022 untuk bidang IPA. Pelaksanaan babak penyisihan untuk peserta dari sekolah-sekolah di kecamatan Nuha dipusatkan di UPTD SDN 252 Nikkel. Ananda Dmitri dan Raisa mengikuti babak penyisihan didampingi oleh Bu Syamsinar. Babak penyisihan berlangsung lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Dari hasil babak penyisihan, ananda Raisa dan Dmitri belum berhasil lolos ke tingkat nasional. Semangat dan usaha yang telah ditunjukkan sudah sangat baik. Kiranya pengalaman pada lomba ini bisa dijadikan sebagai motivasi dan bahan evaluasi untuk meningkatkan prestasi pada lomba-lomba berikutnya dan juga OSN tahun 2023.