OLIMPIADE SAINS KUARK (OSK) 2022

OLIMPIADE SAINS KUARK 2022


Olimpiade Sains Kuark (OSK) merupakan ajang kompetisi sains yang diadakan oleh PT Kuark Internasional setiap tahunnya. Peserta OSK berasal dari SD/MI seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 3 level. Level 1 merupakan peserta siswa kelas 1 dan 2, Level 2 dari kelas 3 dan 4 sedangkan level 3 siswa kelas 5 dan 6.


Peserta OSK tahun 2022 sebagai utusan dari SD YPS Singkole merupakan pemenang lomba Interhouse Mathematics & Science yang diadakan internal SD YPS Singkole. Selain peserta utusan sekolah, banyak juga siswa/i SD YPS Singkole yang mengikuti OSK tahun 2022 secara mandiri. Peserta OSK tahun 2022 yang merupakan utusan dari SD YPS Singkole yaitu :


Olimpiade Sains Kuark terdiri atas 3 babak yaitu babak penyisihan, semifinal dan final yang dilaksanakan secara online dalam rentang waktu mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2022.Materi yang diujikan pada tiap babak adalah dari komik sains kuark edisi new normal dan mata pelajaran umum sains/ IPA di sekolah. 


Persiapan yang dilakukan peserta OSK yaitu belajar secara mandiri, belajar dengan penulis komik kuark melalui IG Live dan juga mengikuti pembinaan dari Tim pembina IPA SD YPS Singkole. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 maka pembinaan dilaksanakan secara online via google meet.


Peserta mengikuti babak penyisihan di sekolah pada tanggal 26 Maret 2022. Dari babak penyisihan, peserta utusan dari SD YPS Singkole yang dinyatakan lolos menjadi semifinalis adalah 9 orang masing-masing 3 orang dari setiap level yaitu Keiji Arata Panate, Cattleya Tiku Datu, Azka Adhyastha Pratama, Angelica Gracelyn Rantelili, Dwi Inara Meinanda, Raihanah Syahirah Tamrin, Milan Khadijah Maulana, Petta Igreya Vierdji Rante, dan Khanza Nuri Mufidah. Selain 9 orang peserta utusan sekolah, ada 8 peserta  dari SD YPS Singkole yang mendaftar secara mandiri juga dinyatakan lolos ke babak semifinal yaitu Afifah Siti Shabrina Hariantoputri, Gavriel Timothy W, Alesha Azalea Ahmad, Nafisa Aminah, Muh Naufal A, Keenan Maulana Irmawan, Christabel Euniqhe, dan Raisa Sakinah Manahira. 


Setelah pengumuman peserta yang lolos babak penyisihan, pembinaan dilanjutkan untuk mempersiapkan para peserta untuk menghadapi semifinal. Pembinaan masih dilaksanakan secara online via google meet pada masing-masing level.17 siswa SD YPS Singkole lalu mengikuti babak semifinal pada tanggal 23 April 2022. Setelah mengikuti babak semifinal, didapatkan hasil 1 orang siswa dari level 1 lolos ke babak final yaitu Gavriel Timothy W.


Pada babak final, para finalis tidak lagi diuji dengan soal pilihan ganda seperti pada babak penyisihan dan semifinal. Para finalis diberi tugas mengerjakan projek OSK 2022 dengan tema berbeda pada tiap level. Untuk Level 1 tema yang diberikan yaitu “Bijak Memakai Air”. Dengan penuh semangat serta bimbingan orangtua dan guru pembina IPA, ananda Gavriel mengerjakan proyeknya dengan judul “PENGHEMATAN AIR BERSIH DENGAN MENGGUNAKAN AIR CUCIAN BERAS UNTUK MENYIRAM TANAMAN”. Hasil kerja proyek dikirimkan dalam bentuk laporan tertulis dan video proyek yang dikerjakan. Walaupun belum berhasil meraih medali pada babak final ini, ananda Gavriel tetap bersemangat dan mau berusaha lebih baik lagi pada OSK tahun 2023 mendatang. 


Terima kasih atas kerja keras dan usaha terbaik yang telah dilakukan anak-anak hebat peserta OSK 2022. Terima kasih juga untuk dukungan sekolah, seluruh orangtua, dan guru pembina IPA SD YPS Singkole yang telah bekerja keras dan mendukung anak-anak hebat ini. Kita siap kembali berpartisipasi dan melakukan usaha yang lebih baik lagi pada OSK tahun 2023.