Mathematics Event XXII Universitas Hasanuddin

Pagi diakhir Januari 2022, SD YPS Singkole kedatangan tamu dua orang mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Universitas Hasanuddin. Keduanya disambut di ruang kepala sekolah oleh kepala SD YPS Singkole bapak Abi Talib. Beberapa saat diskusi, terbukalah maksud mereka untuk melakukan sosialisasi sekaligus menyampaikan surat pemberitahuan dan undangan kegiatan lomba Mathematics Event (ME) XXII.

ME merupakan kegiatan rutin dalam bentuk kompetisi matematika tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (Himatika FMIPA Unhas) sebagai wadah untuk membina generasi Indonesia yang kritis, kreatif dan inovatif dengan ilmu matematika seperti yang dituliskan dalam surat undangan tersebut. Tahun ini mengambil Tema kegiatan “Lentera Pemantik Jiwa Kompetitif Generasi Muda dalam Ajang Matematika”

Peserta lomba terdiri atas Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Khusus SD menyasar sekolah-sekolah dasar yang ada di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Pada pelaksanaannya kegiatan ini diiukuti oleh 194 sekolah dasar negeri dan swasta pada kedua provinsi tersebut.

Tahapan dalam ME XXII Unhas terdiri atas 5 tahap, meliputi: (i) Babak golden tiket yang dilakukan dibeberapa wilayah regional, (ii) Babak penyisihan untuk memilih separuh siswa dengan nilai tertinggi, (iii) Babak Semifinal untuk memilih 30 siswa dengan nilai tertinggi, (iv) Babak final dengan beberapa bentuk kegiatan seperti Running Game, Balloon Game, Theatre Game, Bom Game, dan Tender Game. Kegiatan ini disesuaikan dengan tingkat satuan Pendidikan dan terpilih 3 siswa dengan perolehan nilai tertinggi, (v) Babak Grand final, untuk menentukan pemenang pertama, kedua dan ketiga.

Apa yang dilakukan oleh SD YPS Singkole untuk mengikuti kegiatan ME XXII? SD YPS Singkole memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler, satu diantaranya adalah Klub Matematika. Klub Matematika SD YPS Singkole terdiri atas dua level. Level pertama disebut Level Pemula, merupakan gabungan siswa kelas 2 dan 3 yang lolos seleksi penyaringan siswa berbakat matematika. Level pemula didampingi pembelajarannya oleh Ibu I Gusti Ayu Kesumawati dan Ibu Stevany Somalinggi. Level kedua disebut Level Lanjutan, merupakan gabungan siswa kelas 4 dan 5 dengan proses seleksi yang sama seperti level pemula.  Level lanjutan didampingi pembelajarannya oleh Bapak Abi Talib, Bapak Muh. Said, dan Bapak Made Nuryadi sekaligus sebagai koordinator tim pembina klub matematika SD YPS Singkole Tahun Pelajaran 2021-2022.

Peserta ME XXII Unhas dari SD YPS Singkole diperoleh melalui seleksi internal siswa pada klub matematika level lanjutan. Siswa dipilih enam orang dengan nilai tertinggi sebagai perioritas sekolah, sedangkan siswa lainnya yang berkeinginan mengikuti lomba dimungkinkan dengan pembiayaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab siswa atau keluarga siswa yang bersangkutan. Karena beberapa kendala, kegiatan ini hanya diikuti oleh lima siswa yang sekaligus semuanya menjadi perioritas sekolah. Kelima siswa tersebut adalah:

1.  Dmitri Fairuz Pratomo Kelas 5MM

2.  Pradipta Hafy Wibono Suryanto Kelas 5WM

3.  Frederiko Pascal Sumadi Kelas 4IG

4.  Chiara Inchristylia Tandilolo Kelas 5MM

5.  Meysela Sofline. P. Kelas 5MM

Pembinaan siswa dilakukan mengikuti waktu pembinaan pada klub matematika. Disamping itu, dilakukan pula pembinaan tambahan khusus (Karantina) selama 1 minggu dengan pembelajaran secara marathon 2 kali setiap hari. Pembinaan dilakukan secara online menggunakan aplikasi berbasis google. Pemberian penugasan, materi pembinaan, math challenge test, diskusi soal, dll dilakukan di google classroom.

Sebelum keberangkatan peserta didik, dilakukan sosialisasi dengan menghadirkan orang tua secara virtual membicarakan teknis keberangkatan, pembiayaan dan pendampingan siswa selama mengikuti kegiatan ME XXII unhas di Makassar. Sebanyak 3 siswa didampingi oleh guru dan 2 lainnya didampingi oleh orangtua masing-masing.

Jadwal pelaksanaan lomba berlangsung padat. Kamis, 10 Maret 2022 dilakukan tecnical meeting di Gedung FMIPA Unhas membicarakan tata tertib lomba. Hari pertama kegiatan lomba dilakukan Jumat, 11 Maret 2022 di Baruga A.P. Pettarani Universitas Hasanuddin. Kegiatan dibuka dengan penampilan paduan suara, penampilan tarian daerah oleh mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNM dan sambutan tertulis mewakili pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Lomba pada hari pertama dilakukan dengan dua babak sekaligus, yakni babak penyisihan grup yang berhasil meloloskan 3 siswa. Ketiga siswa tersebut adalah Frederiko Pascal Sumadi, Chiara Inchristylia Tandilolo, Dmitri Fairuz Pratomo. Babak Seminal menyisakan 2 siswa yakni Frederiko Pascal Sumadi dan Chiara Inchristylia Tandilolo dan berkesempatan mengikuti babak final.

Babak final dilaksanakan pada Sabtu, 11 Maret 2022 dengan kegiatan fun game. Khusus Sekolah Dasar kegiatannya berupa Running Game dan Balloon Game. Kegiatan running game dilakukan secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 10 peserta. Sesuai Namanya siswa akan berlari mengerjakan soal setiap peluit dibunyikan dengan durasi pengerjaan setiap soal 2 menit. Kegiatan Balloon game dilakukan dengan meyelesaikan soal yang telah disimpan di dalam balon. Langkah SD YPS Singkole dalam lomba ME XXII Unhas akhirnya terhenti di babak final. Pengalaman dan pelajaran yang didapatkan dalam kegiatan lomba ini menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan prestasi siswa dan sekolah yang lebih baik dimasa mendatang.