KLUB MATEMATIKA SD YPS SINGKOLE

Sehubungan dengan program sekolah tentang pembinaan anak berbakat khususnya dalam bidang Matematika, maka Tim Pembina Matematika SD YPS Singkole melakukan seleksi calon peserta Klub Matematika (Math Club) untuk kelas 2 - 5. Klub matematika terbagi menjadi klub kelas kecil (kelas 2 & 3) dan klub kelas besar (kelas 4 & 5).

Pendaftaran bagi kelas 4 & 5 dibuka pada tanggal 25 – 26 Januari 2022 sedangkan pendaftaran kelas 2 & 3 menyusul di tanggal 8 – 9 Februari 2022.

Dari pendaftaran tersebut terdata untuk kelas 4 & 5 ada 26 siswa yang mendaftar sedangkan untuk kelas 2 & 3 ada 25 siswa yang mendaftar.

Setelah melalui proses pendaftaran, siswa dan orang tua mengikuti sosialisasi program pembinaan secara online dengan tujuan agar siswa dan orang tua paham mengenai proses seleksi, program pembinaan, dan persiapan siswa untuk mengikuti berbagai lomba matematika ke depannya.

Siswa yang mendaftar akan mengikuti proses tes seleksi yang dilaksanakan di hari Jumat, 28 Januari 2022 bagi kelas 4 & 5 dan di hari Jumat, 11 Februari 2022 bagi kelas 2 & 3.

Tes seleksi dilaksanakan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Siswa dibagi ke dalam 3 ruangan kelas. Siswa mengerjakan soal di google form melalui HP mereka masing-masing dalam waktu 1,5 jam. Hasil seleksi dapat dilihat secara real time melalui link yang dibagikan kepada orang tua.

Seleksi ini akan melalui dua jalur: (1) Seleksi Khusus yaitu Tes seleksi bagi peserta yang memiliki minat dan  bakat dalam matematika; (2) Juara Lomba  Interhouse Matematika  yaitu peserta didik yang telah menjuarai Lomba Interhouse Matematika (juara 1, 2 dan 3) yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 tahun lalu.

Dari hasil seleksi tersebut dijaring masing-masing 15 siswa untuk setiap klub matematika dimana 6 siswa adalah siswa pemenang lomba interhouse matematika dan sisanya adalah siswa hasil seleksi khusus.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, maka siswa akan mengikuti pembinaan di klubnya masing-masing. Klub kelas 4 & 5 akan dibina oleh pak Abi Talib, pak Muh. Said, dan pak Made Nuryadi sedangkan klub kelas 2 & 3 akan dibina oleh ibu I Gusti Ayu Kesumawati dan ibu Stevany Somalinggi. Pembinaan dilaksanakan secara online 2 kali dalam seminggu yakni hari Senin dan Jumat selama 1,5 jam.

Proses pembinaan dibagi ke dalam 3 tahapan yakni :

1.    Tahap Dasar (Level I) dengan alokasi waktu 10 kali pertemuan

2.    Tahap menengah (Level II) dengan alokasi waktu 14 kali pertemuan

3.    Tahap akhir (Level III) dengan alokasi waktu 20 kali pertemuan

 

Bagi klub matematika kelas besar di setiap akhir tahapan akan dilaksanakan sistem eliminasi dengan mengeliminasi 5 orang siswa. Sedangkan bagi klub matematika kelas kecil hanya akan dilaksanakan satu kali proses eliminasi yakni setelah tahap dasar selesai. Peserta akan dipilih sesuai hasil pemantauan dan hasil tes eliminasi.

Dengan proses eliminasi ini diharapkan dapat menjaring siswa yang benar-benar berbakat dan memiliki mental yang siap dalam mengikuti berbagai lomba matematika ke depannya.

Selama proses pembinaan siswa juga akan mengerjakan tugas-tugas yang diupload guru di classroom Klub Matematika. Siswa diharapkan berkomitmen menyelesaian tugas tersebut untuk perkembangan kemampuan mereka. Bahkan siswa dituntut untuk mampu belajar mandiri di rumah karena kemampuan mereka akan semakin berkembang jika rutin diasah.

Syarat yang harus dipenuhi lainnya adalah siswa wajib hadir minimal 80%. Jika kehadiran tidak mencapai 80% maka siswa dianggap gugur atau mengundurkan diri.

Dengan adanya Klub Matematika SD YPS Singkole ini, kami sangat berharap dapat memunculkan bibit-bibit unggul di bidang matematika.