KEGIATAN KELAS 6 REVIEW BERSAMA  PERSIAPAN PTS

Ada tiga (3) kelas 6 di SD YPS Singkole, yaitu Kelas 6 MA (guru kelas: Pak Abi Talib), Kelas 6 OC (guru kelas: Ibu Octovina Nanulaitta) dan Kelas 6 AY (guru kelas: Pak Ayub). Selama Pembelajaran Jarak Jauh, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online oleh masing-masing guru bersama para siswa di room Google Meet masing-masing. 


Seminggu sebelum pelaksanaan Penilaian Tengah Semester, diadakan kegiatan review materi yang telah dipelajari sebagai persiapan ujian tersebut. Kegiatan review dilakukan secara berbeda yaitu menggabungkan semua siswa kelas 6 SD YPS Singkole yang berjumlah 84 orang dan guru kelas 6 yang berjumlah 3 orang.


Kegiatan dimulai dengan doa bersama dan saling menyapa antar siswa dan guru. Lalu secara bergantian, guru kelas melakukan review materi. Selanjutnya dilakukan pembahasan soal penilaian harian yang sudah diberikan sebelumnya kepada siswa terutama soal-soal yang masih banyak dijawab salah oleh siswa, melalui Google Form. Kemudian, para siswa mengerjakan Kuis Tema 1 melalui Quizizz secara live. 


Kegiatan mengerjakan Quizizz ini sangat menyenangkan sekaligus menegangkan karena dilakukan secara live, diikuti oleh sekitar 84 siswa dan leaderboardnya dapat dilihat langsung oleh siswa. Perubahan kedudukan peringkat bergantian secara cepat. Para guru kelas pun tidak kalah tegangnya selama kuis ini sambil memberikan semangat kepada para siswa masing-masing. 


Di akhir kegiatan, para guru memberikan selamat bagi para pemenang, dan semangat bagi semua siswa agar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi untuk Penilaian Tengah Semester nanti. 


Kegiatan ini dilakukan 3 hari. Selain untuk Tema 1, kegiatan review bersama ini juga dilakukan untuk materi Tema 2, Tema 3 dan Matematika. 


Kegiatan review bersama ini sangat menyenangkan bagi para siswa karena selain memberikan nuansa baru pembelajaran online, persaingan secara sehat pun terlihat dan terjalin kebersamaan di antara para siswa dan  belajar bersama dalam suasana kekeluargaan.