HAORNAS SDS
Sehat, Bugar dan Cerdas di Masa Pandemi

Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) diperingati tanggal 9 September setiap tahun. Tahun ini tema besar Haornas 2021 nasional adalah "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju".  SD YPS Singkole sebagai salah satu Lembaga pendidikan yang peduli dengan kesehatan dan mutu peserta didik melaksanakan kegiatan Haornas 2021 dengan tema: “Sehat, Bugar dan Cerdas di Masa Pandemi”. Tema ini sejalan dengan tema nasional  Haornas 2021 yakni berfokus pada mempersiapkan peserta didik secara fisik dan pengetahuan untuk Menuju Indonesia Maju.

Sehat dan bugar secara fisik menjadi tuntutan yang tidak dapat terelakan bagi peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran melalui media daring/online di masa pandemi. Kesehatan menjadi kunci penting generasi pembelajar masa ini. Kondisi fisik yang sehat dan bugar menjadi salah satu indikator dan stimulus untuk meningkatkan kemampuan anak belajar secara lebih mandiri dengan memanfaatkan teknologi. Badan yang sehat dan bugar akan mempengaruhi kemampuan konsentrasi dan fokus anak dalam belajar. 

SD YPS Singkole memperingati Haornas 2021 dengan pendekatan berolahraga bersama keluarga. Kegiatan ini diimplementasikan dengan kegiatan senam bersama secara virtual dan kegiatan olahraga pilihan bersama keluarga seperti, bersepeda, berenang, jogging, futsal, badminton atau kegiatan olahraga lainnya sesuai minat dan kesepakatan keluarga. Kegiatan olahraga pilihan dimaksudkan agar anak dan keluarga melakukan kegiatan olahraga yang memang disukai, mudah dilakukan, menyenangkan, atau sesuai dengan target yang ingin dicapai. Dengan menentukan olahraga yang tepat, maka anak akan lebih mudah dan merasa senang untuk melakukannya, sehingga peringatan Haornas 2021 dapat berkesan dan bermakna.  

Kegiatan ini diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan siswa bersama keluarga dipublikasikan dalam bentuk foto dan video singkat di Google Classroom guru/wali kelas masing-masing. Tentunya, postingan publikasi kegiatan anak dan keluarga juga memberi hiburan yang positif bagi guru/wali kelas di tengah situasi pembelajaran daring yang seringkali menjenuhkan dan membosankan. 

Suasana dan pendekatan baru kegiatan Haornas 2021 SD YPS Singkole yang dilakukan secara mandiri bersama keluarga memberi sensasi dan makna tersendiri. Anak dan orangtua semakin sadar bahwa melalui kegiatan olahraga bersama dapat berkontribusi positif dalam membangun kedekatan hubungan antara anak dan orangtua.  Kegiatan ini juga mendukung program sekolah untuk tetap sehat dan bugar di rumah dalam menjalani masa pandemi.  Tetap sehat, bugar dan cerdas menjadi kunci sukses pembelajar generasi pandemi, khususnya siswa-siswi SD YPS Singkole.