Belajar Dengan Padlet dan Nearpod

Kegiatan belajar mengajar di SD YPS Singkole untuk tahun ajaran 2021/2022 ini masih dilakukan secara daring. Guru diharapkan terus memberikan pembelajaran yang interaktif, bermanfaat dan menarik bagi siswa. Salah satu usaha yang dilakukan oleh guru SD YPS Singkole adalah dengan menggunakan digital tools yang banyak tersedia secara online untuk menarik perhatian siswa dan pada saat yang sama bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan akademis maupun non akademis siswa.


Dari banyak digital tools yang tersedia, guru kelas 6 OC SD YPS Singkole memilih PADLET dan NEARPOD. 


PADLET sebagai e-Learning yang sederhana dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen. Siswa dapat melihat tulisan temannya dan memberikan pendapat mereka tentang tulisan temannya tersebut. Guru dapat memberikan koreksi atau pujian secara langsung kepada siswa. 

Sebagai contoh, hasil belajar siswa Kelas 6 OC berikut ini dalam pembelajaran SBDP dan Bahasa Indonesia. Saat kegiatan belajar online Bahasa Indonesia Tema 1 Kelas 6 OC, siswa menganalisis sebuah teks bacaan, mengidentifikasi ide pokok, kata kunci dan membuat kesimpulan dari teks tersebut dan menuliskannya pada papan mereka masing-masing. Siswa dapat membaca jawaban teman-temannya dan memberikan pendapat mereka apakah mereka setuju atau tidak. Ketika ada jawaban yang kurang tepat guru pun memberikan koreksi dan masukkan. Siswa juga menyematkan gambar yang sesuai dengan teks bacaan. 


Siswa sangat bersemangat untuk mengerjakan tugas di PADLET ini karena selain memberikan jawaban mereka juga dapat saling memberikan pendapat terhadap tulisan teman-temannya.


Padlet juga dapat digunakan sebagai wadah bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran saat itu. Sebagai contoh pada kegiatan belajar online SBDP Tema 1 Kelas 6 OC, siswa membuat kesimpulan pembelajaran mereka tentang materi hari itu yakni pembuatan patung, bahan-bahan, teknik, dan alat-alat pembuatan patung. Siswa juga menyematkan foto jenis-jenis patung yang ada di Indonesia yang terbuat dari berbagai bahan. 


Siswa sangat senang dengan kegiatan ini karena mereka menuliskan apa yang mereka pahami secara langsung saat pembelajaran. Mereka juga sangat bersemangat untuk memilih gambar patung yang paling mereka sukai.


Digital tools berikutnya yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di Kelas 6 OC adalah NEARPOD. Nearpod adalah salah satu platform ruang pembelajaran yang menghadirkan interaksi siswa dengan guru yang cukup berbeda. Pertemuan dalam ruang virtual, dimana pengajar dapat membuat sebuah presentasi yang berisikan gambar, teks, video, bahkan kuis untuk dimainkan bersama. 


Guru menggunakan Nearpod kali ini untuk kegiatan perwalian dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat & Cinta Lingkungan pada hari Kamis, 29 Juli 2021. Siswa membuka Nearpod melalui link yang dikirimkan guru di Classroom. Siswa langsung dapat mengerjakan kegiatan tanpa perlu mengunduh materi tersebut. 


Kegiatan dimulai dengan petunjuk siswa diminta untuk menuliskan satu kalimat penyemangat. Selanjutnya, ada audio ucapan selamat pagi dari guru dilanjutkan dengan polling tentang menu sarapan mereka. Kemudian siswa menonton video sesuai tema. Dalam video tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab siswa sebelum melanjutkan menonton video tersebut. Siswa diajak bermain memasangkan jenis-jenis sampah. Berikutnya adalah permainan Time to Climb. Siswa memilih jawaban yang benar untuk pertanyaan tentang peduli lingkungan. Untuk kegiatan terakhir, siswa menuliskan kesan dan kesimpulan mereka berkaitan dengan tema hari ini serta 2 kegiatan yang akan mereka lakukan sebagai tanda cinta lingkungan. 


Siswa sangat bersemangat mengerjakan kegiatan ini karena selain interaktif juga ada beragam permainan yang dapat mereka mainkan walaupun tetap sesuai tema pembelajaran mereka. It is really fun learning!